Smartphone Samsung dilengkapi dengan antarmuka One UI yang memiliki segudang fitur, salah satunya adalah Dual Messenger yang berguna untuk menggandakan aplikasi sehingga Anda akan memiliki 2 aplikasi yang sama pada satu ponsel.

Samsung merupakan pabrikan ponsel terbesar di dunia tidak heran apabila mereka menjadi nomor satu selain berkualitas fitur yang ditawarkan juga canggih. Fiturnya selalu di update untuk memanjakan penggunanya.

Salah satu fitur terbaru adalah Dual Messenger yang mana fitur ini bisa menggandakan atau menduplikasi aplikasi yang Anda install. Dengan begitu di ponsel Samsung Anda akan terinstall dua aplikasi yang sama dengan dua akun berbeda.

Jika ingin menggunakan dua akun Whatsapp di HP Samsung, Anda bisa memanfaatkan fitur ini. Sehingga bisa memisahkan akun WA untuk pribadi maupun bisnis.

Cara Menggandakan Aplikasi (Clone) Di Hp Samsung

Saat ini hampir semua smartphone yang beredar di indonesi memiliki dual sim, tentunya akan lebih mudah jika bisa menggunakan dua akun di hp seperti Whatsapp, Telegram atau aplikasi lainnya.

Beruntungnya ponsel buatan Samsung memiliki fitur bawaan untuk clone aplikasi yang bernama Dual Messenger. Selain memanfaatkan fitur ini, Anda juga dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi seperti pararel space atau App Cloner.

Dual Messenger

Cara Menggandakan Aplikasi Samsung Dual Messenger
Dual Messenger adalah salah satu fitur bawaan dari Samsung yang berguna untuk membuat tiruan dari aplikasi tertentu dan menggunakan dua aplikasi dari jenis yang sama untuk beberapa akun. Jika menggunakan WhatsApp dan Telegram, fitur ini sangat berguna karena aplikasi tersebut tidak mengizinkan banyak login.

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung.
  2. Selanjutnya pilih opsi Fitur Lanjutan.
  3. Berikutnya pada bagian bawah ketuk Dual Messenger.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda gandakan dengan mengetuk tombol On.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses menggandakan aplikasi selesai.

Setelah selesai menggandakan, Anda akan melihat aplikasi kloning di Homescreen dan laci aplikasi. Silakan, gunakan untuk masuk ke akun Anda yang berbeda. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Namun, Dual Messenger hanya tersedia di Hp Samsung berbasis One UI selain itu juga cuma berlaku di aplikasi media sosial atau pesan instan saja. Jika Anda menggunakan ponsel model lama atau ingin klone game, jalan alternatif gunakan aplikasi pihak ketiga.

Clone App

Menggandakan Aplikasi Menggunakan Clone App
Kelebihan aplikasi ini adalah mendukung banyak aplikasi dan bahkan game dapat dikloning. Kekurangan dari aplikasi ini adalah hp akan terasa lebih berat, untuk itu sebaiknya hanya menggandakan aplikasi yang penting saja.

  1. Pertama install App Cloner di Play Store.
  2. Lalu buka aplikasi App Cloner kemudian pilih aplikasi yang ingin di gandakan.
  3. Selanjutnya beri tanda centang di bagian atas kanan layar kemudian tap tombol OKE.
  4. Silahkan tunggu sampai proses pengandaan selesai.
  5. Jika sudah, install aplikasi yang berhasil di gandakan tersebut.

Pararrel Space

Menggandakan Aplikasi Dengan Parrarel Space
Tidak semua ponsel Samsung memiliki fitur Dual Messenger ini, namun jangan kecewa karena Anda masih bisa menggandakannya menggunakan bantuan aplikasi bernama Parallel Space.

  1. Buka Google Play Store kemudian install aplikasi Pararrel Space.
  2. Buka Pararrel Space dan klik Tambahkan App.
  3. Pilih aplikasi yang ingin di gandakan.
  4. Tap Tambahkan ke Parallel Space yang ada dibawah.
  5. Selanjutnya akan muncul aplikasi yang sudah berhasil Anda gandakan.

Jika ingin aplikasi muncul di layar utama, Anda bisa memanfaatkan fitur Pintasan. Silakan tekan dan tahan ikon aplikasi di ruang paralel, lalu geser ke opsi Buat Pintasan di pojok kiri atas.

Kesimpulan

Dengan menggandakan aplikasi akan lebih mudah untuk memisahkan akun pribadi dari akun kerja. Selain itu, menjalankan dua akun secara bersamaan secara efektif mengelola akun yang berbeda. Apalagi ponsel Samsung rata-rata dilengkapi dengan dua SIM, sehingga akan lebih mudah untuk mendaftar menggunakan dua akun yang berbeda.

Jika Anda menggunakan aplikasi Parallel Space atau Aplikasi Cloner, ini menghabiskan banyak RAM dan baterai dibandingkan dengan Dual Messenger bawaan Samsung. Sebaiknya jangan menduplikasi semua aplikasi atau game Anda, pilih hanya yang penting saja. Apalagi di ponsel yang hanya memiliki RAM kurang dari 4GB.