Reset adalah salah satu hal utama di semua jenis HP Infinix dan bagi yang belum tau cara factory atau hard reset HP Infinix ini disini kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Reset biasanya digunakan untuk menghapus semua data pribadi dari perangkat, dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Melakukan reset berguna jika Anda perlu menghapus informasi, data dan file pribadi yang tersimpan di ponsel sebelum menjual atau memberikan ke seseorang.

Selain itu, Anda perlu mereset HP Infinix milikmu untuk memperbaiki kerusakan tertentu; seperti hang, lemot, dan error lainnya. Demikian juga dengan masalah lupa kata sandi atau pola, virus dan malware yang bersembunyi di ponsel Anda akan ikut terhapus.

Langkah-langkah untuk mengatur ulang ponsel Android dapat berbeda-beda pada merek dan model ponsel Anda, tetapi di tutorial ini kita hanya bahas cara reset Infinix saja.

Langkah-Langkah Cara Reset Infinix

Tidak jarang, banyak para pengguna Hp Infinix yang mencari cara untuk meresetnya dikarenakan ponselnya tersebut mengalami error seperti restart terus menerus, hang, lupa pola sehingga layarnya terkunci.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami salah satu dari permasalahan tersebut di atas, berikut di bawah ini cara reset Infinix melalui menu pengaturan, mode recovery dan factory mode.

Reset akan menghapus semua data yang ada di smartphone jadi pastikan sudah membackup data penting agar bisa mengembalikannya nanti. Jika semua data sudah diamankan, maka Anda bisa langsung melakukan reset seperti di bawah ini.

Reset Lewat Pengaturan

Cara Reset HP Infinix Lewat Pengaturan
Jika Anda ingin menjual HP Infinix milikmu ke seseorang, Anda sebaiknya meresetnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan fitur Setel Ulang yang ada di pengaturan.

  1. Prtama buka menu pengaturan.
  2. Kemudian klik opsi cadangkan & setel ulang.
  3. Pilih Reset data pabrik.
  4. pilih Setel ulang ponsel.
  5. Otomatis HP Infinix milikmu akan restart.

Berikutnya tinggal menunggu proses restart yang terasa sedikit lama dari biasanya, jadi tidak usah khawatir.

Reset Melalui Recovery

Cara Reset HP Infinix via Recovery
Hard reset melalui mode recovery dapat mengatasi beberapa masalah seperti hang di logo Infinix, menghapus kunci layar berupa sandi, PIN atau pola.

Untuk Anda yang belum tahu metode reset via recovery ini, silahkan ikuti langkah-langkah disini.

  1. Matikan HP Infinix Terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan Volume Atas dan Power bersamaan.
  3. Setelah muncul logo Infinix lepaskan tombol Power.
  4. Nanti akan muncul logo XOS.
  5. Tekan tombol Power agar masuk ke Recovery.
  6. Ponsel Anda akan masuk ke Recovery mode.
  7. Pilih menu Wipe Data/Factory Reset kemudian pilih YES.
  8. Sekarang pilih Wipe Cache partition selanjutnya Yes lagi.
  9. Terakhir, Pilih Reboot System Now.

Ponsel Infinix milikmu akan restart selama beberapa menit, setelah itu akan masuk ke pengaturan awal. Silahkan setting kembali dan memasukan akun Google yang terkait dengan ponsel Anda.

Perlu dicatat, bagi Anda yang belum pernah menggunakan recovery mode dari Infinix, layar sentuh tidak bisa digunakan untuk memilih menu di mode ini. Anda dapat menggunakan tombol volume sebagai tombol navigasi dan tombol power sebagai tombol pilih.

Reset Lewat Factory Mode

Reset Infinix Lewat Factory Mode
Metode ini hampir sama dengan yang diatas, cuma caranya sedikit berbeda tapi tidak semua HP Infinix memiliki Factory Mode. Silahkan mencoba sendiri seperti panduan dibawah ini.

  1. Matikan Infinix kamu terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah dan Power.
  3. Setelah muncul logo infinix segera lepaskan tombol Power.
  4. Jika berhasil, akan masuk ke Factory Mode.
  5. Gunakan tombol Volume Bawah.
  6. Pilih menu Factory Data Reset.
  7. Tekan tombol Power.
  8. Otomatis reset akan berjalan.

Sebagai jalan terakhir supaya smartphone kembali ke kondisi semula, maka Anda bisa melakukan reset lewat factory mode. Metode ini terbilang cukup ampuh, khususnya jika ada error seperti bootloop atau tekunci layar oleh sandi atau pola sehingga tidak bisa masuk ke recovery mode atau menu pengaturan.

Reset Menggunakan Akun Google

Reset Hp Infinix Dengan Akun Google
Jika ponsel Infinix milikmu terhubung dengan akun Google, Anda bisa menggunakan layanan Google yang bernama Find My Device untuk melakukan reset. Banyak pengguna yang hanya tahu kalau layanan ini khusus untuk mencari perangkat Android yang hilang, padahal selain itu bisa juga kita manfaatkan untuk melakukan reset dari jarak jauh.

Untuk caranya, pertama siapkan ponsel yang lain atau gunakan PC, setelah itu buka Google Find My Device. Berikutnya login dengan akun Google milikmu yang terdaftar di ponsel Infinix yang ingin di reset.

Jika akun Google Anda terhubung lebih dari satu perangkat, klik ponsel Infinix yang akan di-reset di bagian atas layar. Jika sudah, pilih menu Hapus Perangkat setelah itu tap tombol Hapus jika sudah yakin.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukan kembali password akun Google, setelah itu baru proses reset di mulai.

Penutup

Metode reset ini bisa kamu praktekan di semua HP Infinix dari yang model terbaru sampai yang model lama berbasis Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Android Pie dan Android 10.

Dengan melakukan reset berarti semua data, aplikasi atau game akan terhapus, oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan backup file yang menurut Anda penting.

Dan yang tidak kalah penting, Anda wajib mengingat Akun Google yang telah terdaftar di Hp Infinix milikmu. Untuk memastikan lebih baik logout dulu atau hapus dulu akun tersebut.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *