5 Cara Reset Vivo Semua Tipe Terbaru dan Terlengkap

Jika Anda pengguna yang masih bingung bagaimana cara reset Vivo, jangan khawatir berikut ini saya bagikan 5 metode reset paling aman dan efektif dalam mengatasi berbagai error yang menimpa HP Vivo Anda.

Meskipun memiliki ponsel tergolong mumpuni, terkadang beberapa orang mengalami masalah pada vivo-nya, mulai dari aplikasi yang sering tidak merespon, semakin lamban atau pengoperasian sistem android mengalami error.

Untuk mengatasi hal tersebut, coba gunakan fitur reset untuk mengatur ulang ponsel agar kembali ke kondisi semula. Reset itu penting agar Hp Vivo terlihat seperti baru. Anda tidak akan menemukan lag, kelambatan dan berbagai masalah lainnya.

Setiap vendor perangkat menerapkan prosedur sendiri-sendiri untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Vivo membekali semua ponsel mereka dengan beberapa cara reset.

Prosedur Lengkap Cara Reset Hp Vivo

Dengan melakukan reset atau kembali ke pengaturan pabrik, HP Vivo akan menjadi fresh kembali seperti saat pertama kali membelinya. Dengan begitu error pada handphone milikmu akan hilang.

Factory Reset akan menghapus semua data yang tersimpan di memory penyimpanan ponsel, jadi pastikan Anda mencadangkan data penting agar dapat dipulihkan nanti. Selain itu, pastikan cadangan baterai masih tersisa minimal 50% untuk berjaga-jaga tidak kehabisan daya.

Jika Anda pengguna baru masih belum paham cara reset Hp Vivo yang benar dan aman dapat mengikuti tutorialnya disini.

1. Hard Reset Lewat Recovery Mode

Cara Hard Reset HP Vivo Lewat Recovery Mode
Bila ponsel kepunyaanmu mengalami hang di logo Vivo, salah satu cara mengatasinya adalah dengan hard reset dengan menggunakan tombol kombinasi untuk masuk recovery mode.

  1. Matikan ponsel Vivo Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tekan tombol Volume Atas dan Power bersama-sama
  3. Lepaskan kalau sudah masuk ke Fastboot Mode.
  4. Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume turun dan memilih dengan menekan tombol Power.
  5. Pada Vivo Recovery pilih menu Wipe Data.
  6. Setelah muncul “Wipe Data? operation can’t be reversed” konfirmasi dengan memilih tombol Wipe Data
  7. Sekarang Anda pilih Wipe Cache Partition.
  8. Setelah “Wipe Cache Partiton? operation can’t be reversed” Anda pilih tombol Wipe Cache Partition
  9. Kalau sudah, pilih tombol Back dan selanjutnya Reboot.

Sekarang tinggal menunggu proses restart yang agak sedikit lama, kalau sudah berhasil masuk ke menu Setup, itu berarti Anda berhasil hard reset Vivo.

Cara Hard reset ini cocok digunakan untuk Hp Vivo yang mengalami bootloop, mentok di logo, restart terus menerus, lupa pola maupun blank hitam.

2. Factory Reset Melalui Pengaturan

Cara Factory Reset HP Vivo Lewat Pengaturan
Jika berniat menjual HP milikmu dan ingin menghapus semua data yang tersimpan, Anda cukup lakukan reset melalui opsi Setel Ulang yang ada di pengaturan. Sebelum melakukannya ada baiknya lakukan backup semua data penting ke PC atau Google Drive.

Berikut ini cara factory reset Hp Vivo lewat pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di Vivo Anda.
  2. Setelah itu ketuk Pengaturan lainnya.
  3. Berikutnya pilih Buat cadangan dan setel ulang.
  4. Silahkan pilih Hapus semua data.
  5. Tap tombol Bersihkan sekarang yang ada dibagian bawah.
  6. Kemudian Anda tap Hapus semua.

Setelah itu handphone Anda akan memasuki proses reset yang mana membutuhkan beberapa menit untuk bisa menggunakan ponsel Anda seperti semula.

Factory reset cukup ampuh untuk mengatasi masalah seperti virus, memory kepenuhan, sering ngelag, aplikasi menutup sendiri, ngecas jadi lama dan masalah ringan lainnya.

3. Reset Lewat Google

Cara Reset Hp Vivo Lewat Google
Jika Anda lupa dengan kunci layar berupa pola, PIN atau password dapat mencoba untuk menggunakan layanan Google Find My Device untuk melakukan reset. Untuk hal ini, ponsel Anda harus masih terhubung dengan akun google dan internet.

  1. Buka Browser PC atau HP lain.
  2. Masuk ke halaman https://google.com/android/find.
  3. Login dengan menggunakan akun Google.
  4. Jika akun Google terhubung lebih dari satu perangkat, klik perangkat yang akan di-reset di bagian atas layar.
  5. Pilih menu Erase Device.
  6. Setelah itu tap tombol Erase.
  7. Selanjutnya akan diminta memasukan password Google lagi.

Setelah itu otomatis Vivo milikmu akan restart, silahkan tunggu prosesnya sekitar 5 sampai 10 menit. Jika gagal melakukan reset lewat Google kemungkinan besar Hp Vivo Anda belum aktif fitur Find My Device.

Kesimpulan

Meskipun ponsel Anda tidak mengalami error, alangkah baiknya paham mengenai cara menggunakan fitur ini. Agar ponsel Vivo milikmu selalu dalam kondisi optimal, sebaiknya lakukan reset lewat pengaturan minimal 6 bulan sekali. Dan juga rutin melakukan backup setidaknya seminggu sekali agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika ketiga cara reset tadi tidak juga berhasil mengatasi masalah ponsel Anda, kemungkinan ada kerusakan hardware dan ini hanya bisa diperbaiki oleh orang yang ahli seperti tukang servis Hp atau sebaiknya klaim garansi jika masih berlaku.

Itulah dia cara reset Hp Vivo yang berbasis FuntouchOS baik itu Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie dan Android 10 dengan mudah, cepat, dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *