Cara Hard Factory Reset HP Oppo Semua Tipe

Seiring berjalannya waktu, Hp Oppo Anda akan mengalami penurunan performa dan dapat menyebabkan berbagai macam error, baik itu lag, lemot, penyimpanan penuh, bahkan terkadang bootloop atau berhenti di logo.

Masalah seperti ini sudah biasa terjadi di sebuah perangkat berbasis operasi sistem seperti iPhone, Android, Windows maupun Blackberry. Oleh sebab itu di setiap perangkat tersebut dilengkapi dengan opsi reset.

Di Android ada 2 pilihan reset yang bisa digunakan untuk mengembalikan kondisi ponsel Oppo kita ke keadaan semula seperti baru kembali. Opsi pertama biasanya ditemukan di menu Pengaturan reset data pabrik sementara opsi kedua ada di recovery mode.

Dua Cara Reset Oppo

Untuk Anda yang belum mengetahui cara mereset Oppo melalui pengaturan atau biasa disebut Factory Reset dan lewat ColorOS Recovery atau Hard Reset ini, bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Sebelum mencobanya, pastikan masih ingat dengan akun Google yang terdaftar di Oppo milikmu. Untuk berjaga-jaga setelah reset Anda lupa dengan akun tersebut atau sebaiknya logout/hapus terlebih dahulu akun tersebut.

Dan jangan lupa, kalau reset akan menghapus semua data oleh sebab itu sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.

1. Factory Reset Lewat Pengaturan

Cara Reset Oppo Melalui Pengaturan
Reset melalui menu Setting biasanya disebut dengan Factory Reset. Opsi reset ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah umum seperti penyimpanan penuh, membersihkan file sampah, virus, cache, aplikasi serta game yang sering menutup sendiri, masalah lag dan sebagainya.

Agar performa Oppo kepunyaanmu tetap terjaga kinerjanya, disarankan untuk melakukan reset minimal setiap 6 bulan sekali.

Berikut ini cara factory reset Hp Oppo lewat menu pengaturan.

  1. Pertama buka menu Pengaturan yang ada di Oppo.
  2. Selanjutnya tap opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Berikutnya klik Buat Cadangan dan Reset yang ada di paling bawah.
  4. Langkah selanjutnya, pilih Reset data pabrik.
  5. Kemudian pilih  Hapus data apli.
  6. Otomatis Oppo Anda akan melakukan proses reset.
  7. Silahkan menunggu beberapa saat sampai selesai.

Sekarang kita akan membahas tentang Hard Reset atau Wipe Data melalui ColorOS Recovery. Untuk masuk ke ColorOS Recovery ini, memerlukan sedikit trik. Bagi yang belum tahu silahkan simak di bawah ini.

2. Hard Reset Lewat Recovery

Cara Reset Oppo Via Recovery
Smartphone Oppo menggunakan ColorOS Recovery, di sini Anda akan menemukan opsi Wipe Data yang berguna untuk melakukan hard reset.

Anda bisa melakukan hard reset jika HP Oppo mengalami masalah tidak bisa masuk ke beranda (Bootloop). Untuk detailnya, ikuti panduannya di sini.

  1. Pertama matikan terlebih dahulu Hp Oppo Anda.
  2. Selanjutnya tekan tombol Volume Bawah dan Power dan tahan sampai muncul logo Oppo segera lepaskan.
  3. Setelah itu pilih bahasa English.
  4. Silahkan pilih menu Wipe Data.
  5. Tap opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  6. Kemudian konfirmasi dengan tap tombol OK.
  7. Setelah muncul Wiped Successfully klik tombol OK .
  8. Langkah terakhir lakukan Reboot.

Selanjutnya, ponsel Anda akan restart dan proses ini akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Jika berhasil, kini Oppo Anda terlihat seperti baru saja kembali dan berbagai masalah yang dialaminya akan hilang.

Akhir Kata

Namun jika masalahnya adalah hardware atau ada komponen yang rusak, tentunya tidak akan bisa diperbaiki hanya dengan melakukan reset saja. Anda perlu mencoba menginstal ulang atau membawanya ke service center.

Itulah 2 cara reset hp oppo semua model yang paling mudah, baik baru maupun lama silahkan terapkan kedua cara tersebut agar smartphone anda kembali normal seperti semula.