Cara Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 via Setting dan Recovery

Semua smartphone Realme dilengkapi dengan fitur reset yang berguna untuk mengembalikan pengaturan pabrik. Selain itu juga dapat mengatasi berbagai masalah umum yang sering dialami oleh pengguna ponsel. Untuk pengguna Realme, ada 3 metode yang bisa Anda gunakan.

Saat melakukan reset pada perangkat Realme 6, maka perangkat akan kembali ke pengaturan awal dan nampak seperti baru. Artinya, otomatis semua data yang tersimpan di dalam HP milikmu akan terhapus semua. Jika ingin menggunakan data-data yang lama, maka Anda bisa melakukan backup semua data terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Pasalnya, data yang sudah terlanjur di reset tidak akan dapat dikembalikan lagi. Nah, melakukan reset pada Realme memiliki dua jenis, yaitu factory reset dan hard reset. Kedua metode reset Realme ini pun digunakan sesuai dengan masalah yang dialami pada ponsel Android kepunyaanmu.

Cara Factory Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 Lewat Menu Pengaturan

Cara Factory Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 Lewat Menu Pengaturan
Realme membekali fitur reset di semua smartphonenya, salah satunya terletak di menu pengaturan. Anda bisa akses fitur ini untuk membersihkan semua data, cache dan file sampah melalui opsi reset pengaturan pabrik.

Dan opsi ini memudahkan Anda jika ingin menjual Hp ini ke orang lain, Anda tidak perlu repot untuk menghapus satu per satu file atau data yang tersimpan di memory penyimpanan.

Selain itu juga, dengan factory reset ini dapat menghapus semua virus atau malware yang bersembunyi di ponsel milikmu. Dan ini juga berguna untuk mengembalikan performa ponsel Android yang sudah terasa menurun, sering lag, lemot dan panas.

Berikut ini cara factory reset Hp Realme melalui pengaturan.

  1. Buka Pengaturan Realme
  2. Selanjutnya Anda tap opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Kemudian pilih opsi Buat Cadangan dan Reset.
  4. Berikutnya tap kembali ke pengaturan pabrik.
  5. Langkah berikutnya Anda pilih Reset data pabrik.
  6. Dan terakhir pilih Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus.

Sekarang HP Anda akan restart dan melakukan reset, Anda tinggal menunggu sampai proses ini selesai.

Cara Hard Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 Lewat Recovery Mode

Cara Hard Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 Lewat Recovery Mode
Selain di menu pengaturan, Anda juga bisa menemukan opsi reset yang ada di recovery mode. Hard Reset ini dapat Anda gunakan jika kondisi Realme 6 milikmu mengalami bootloop atau tidak bisa booting (stuck di logo Realme).

Selain untuk mengatasi masalah bootloop, hard reset ini juga akan lebih ampuh mengatasi berbagai masalah yang mungkin saja tidak bisa terselesaikan dengan hanya reset lewat pengaturan.

Harap Anda tidak lupa dengan akun Google, sebab setelah direset Anda akan diminta memasukan lagi akun Google yang telah terdaftar di Realme kepunyaanmu.

  1. Pastikan daya baterai masih tersisa minimal 50% atau lakukan sambil di charging.
  2. Matikan terlebih dahulu Hp Realme Anda. Jika memang dalam kondisi bootloop langsung saja masuk ke recovery seperti dibawah ini.
  3. Untuk masuk ke recovery, tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan selama beberapa detik jika sudah berasa bergetar segera lepaskan.
  4. Setelah itu akan masuk ke ColorOS Recovery, Nanti ada pilihan bahasa dan pilih English.
  5. Setelah itu, akan ada beberapa menu, silahkan pilih Wipe Data.
  6. Selanjutnya pilih opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  7. Lakukan konfirmasi dengan memilih tombol OK.
  8. Setelah Wiped Successfully klik tombol OK
  9. Dan terakhir tap opsi Reboot.

Ponsel Anda akan restart dan prosesnya memang sedikit lama berkisar 5 sampai 15 menit. Selanjutnya Anda tinggal konfigurasi ulang dan memasukan akun Google yang sebelumnya terdaftar di HP Anda.

Cara Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 via Find My Device

Cara Reset Realme, 6, 3, 5, 7, 8 via Find My Device
Find My Device adalah salah satu layanan dari Google untuk para pengguna Android. Ada beberapa fitur yang ada di layanan ini seperti melacak lokasi HP Android yang hilang, membunyikan ringtone dan fitur Erase yang dapat digunakan untuk menghapus seluruh data di Realme Anda yang hilang, agar tidak bisa diakses oleh orang lain yang menemukan ponsel Anda.

Kesemuanya itu dapat Anda lakukan dari jarak jauh tetapi hanya bisa dilakukan selama ponsel Android Anda, dalam kondisi menyala, terhubung dengan internet baik itu Wi-Fi atau paket data seluler dan juga pastinya akun Google masih terkait di Realme 6 Anda.

Berikut ini cara reset lewat layanan Google Find My Device.

  • Buka browser di PC atau perangkat lain.
  • Ketik https://android.com/find setelah itu login dengan akun Google yang di sinkronkan dengan ponsel Anda.
  • Jika akun Google Anda terhubung ke beberapa perangkat, pastikan Anda memilih Realme 6 yang ada di bagian atas.
  • Selanjutnya, Anda klik opsi ERASE kemudian klik ERASE DEVICE.
  • Sebelum memulai proses reset, Anda akan diminta untuk login kembali untuk konfirmasi.
  • Setelah itu Hp Anda akan melakukan reset dengan sendirinya, biarkan prosesnya berjalan.

Jika sudah selesai Anda sudah bisa menggunakan handphone Anda kembali untuk mengkonfigurasi pengaturan. Jika Anda mempunyai masalah dengan kunci layar berupa pola, password atau PIN yang lupa, bisa mencoba metode reset ini.

Akhir Kata

Reset adalah cara pertama yang harus Anda coba lakukan jika menemukan masalah di perangkat Anda baik itu ponsel, PC, Laptop dan sebagainya.

Reset akan mengembalikan pengaturan seperti semula dan menghapus semua data dan file oleh karena itu alangkah baiknya selalu melakukan backup terlebih dahulu. Jadi jangan harap Anda akan bisa melakukan reset tanpa menghapus data terkecuali hanya melakukan restart saja.

Demikianlah 3 cara reset Realme 2, Realme 3, Realme 5, Realme 6 dan Realme 7 baik itu factory reset maupun hard reset. Semoga dengan adanya tutorial diatas bisa memperbaiki HP Realme 6 milikmu dari segala macam masalah maupun error.