Cara Reset Samsung Galaxy A51 Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Pengguna Samsung Galaxy A51 seringkali dihadapkan pada berbagai masalah dengan smartphone yang mereka gunakan. Karena itu, Anda harus mencoba reset kembali ke pengaturan pabrik.

Ponsel buatan Samsung ini mendukung penyimpanan eksternal berjenis kartu microSD yang bisa diperluas bahkan hingga 256GB. Galaxy A51 ini juga dibekali beberpa pilihan RAM ada yang 3GB, 4GB dan 6GB. Untuk mendongkrak performanya, Samsung membenamkan chipset Exynos 9611 yang akan berkolaborasi dengan GPU Mali-G72 MP3.

Tidak selamanya performa hp ini akan selalu bagus, ada kalanya mengalami penurunan dimana mulai terasa lemot, tidak bisa di cas, galery tidak dapat terbuka dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal semacam ini, Anda perlu mengatur ulang lagi. Berikut 2 cara yang bisa digunakan untuk mereset HP Galaxy A51 ini.

Cara Hard Reset Samsung A51 via Recovery

Cara Hard Reset Samsung A51 via Recovery
Dengan hard reset ini Anda dapat menghilangkan virus, mengatasi penyimpanan penuh, menghapus kunci pola dan kata sandi serta dapat mengatasi bootloop. Silahkan mengikuti langkah-langkah hard reset untuk Samsung A51 di bawah ini.

  1. Pertama matikan Samsung A51 terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power selama beberapa detik.
  3. Lepaskan tombol setelah muncul logo Samsung.
  4. Selanjutnya ponsel Anda akan masuk ke mode Recovery.
  5. Gunakan tombol Volume untuk memilih opsi Wipe data / Factory reset.
  6. Langkah berikut pilih menu Yes dengan menggunakan tombol Power.
  7. Setelah itu pilih Wipe Cache Partition dan pilih Yes.
  8. Kemudian tap menu Reboot System Now, nanti HP Anda akan restart.
  9. Tunggu beberapa menit untuk bisa boot ke Homescreen.

Catatan: Sebelum melakukan reset pastikan Anda masih ingat dengan Akun Google dan juga pastikan sebelumnya telah melakukan backup data penting.

Cara Reset Samsung A51 via Pengaturan

Dengan melakukan factory reset ini, Anda dapat memulihkan berbagai error software seperti aplikasi yang tidak bisa dibuka, ngelag, penumpukan data dan lainya. Berikut ini cara factory reset Samsung A51 lewat pengaturan.

  1. Pertama buka menu Settings Samsung A51.
  2. Setelah itu pilih menu General management.
  3. Setelah itu tap menu Reset.
  4. Kemudian pilih menu Factory data reset
  5. Langkah berikut tap opsi Reset yang ada di bawah
  6. Setelah itu klik tombol Hapus Semua untuk konfirmasi.
  7. Berikutnya ponsel Samsung Anda akan restart.
  8. Kalau proses restart sudah selesai, silahkan setting kembali.

Penutup

Seandainya setelah selesai di reset ponsel Anda tetap bermasalah, kemungkinan besar disebabkan karena kerusakan hardware dan harus dibawah ke tukang service, atau klaim garansi ke service center Samsung.

Untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya tentang cara menghapus akun Samsung Galaxy M51, Anda dapat datang berkunjung kembali.Saya ucapkan terimah kasih telah mengikuti postingan cara reset Galaxy A51 dan terus mendatangi blog ini untuk menemukan lebih banyak tutorial terbaik buat pengguna Samsung.