Tersedia sejumlah metode mengambil tangkapan layar di Hp Oppo A53 tanpa menggunakan aplikasi screenshot pihak ke-3. Namun masih banyak pengguna yang belum mengetahui keberadaan fitur ini, terutama yang masih awam menggunakan Oppo.

Screenshot berguna untuk menyimpan gambar apa yang sedang terjadi di layar Oppo, baik itu karena ingin menunjukan apa yang terjadi pada layar ke orang lain atau menyimpan suatu kejadian.

Mungkin banyak pengguna Oppo A53 akan bertanya-tanya apakah cara screenshot sama dengan Oppo A5s, A52 atau A54? Ya sama saja, caranya mengambil tangkapan layar pada Hp Oppo ini dengan seri lainnya.

Cara Mengambil Screenshot Oppo A53

Sekarang, untuk membuat screenshot bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan fitur screenshot bawaan dari Oppo ataupun memasang aplikasi pihak ketiga untuk tangkapan layar.

Untuk itu akan dijelaskan lebih lanjut tentang cara screenshot Oppo A53. Bagi kalian yang sudah pernah menggunakan hp ini sebelumnya akan lebih mudah dalam mempraktekannya.

Screenshot Dengan Kombinasi Tombol

Cara Screenshot Oppo Dengan Kombinasi Tombol
Cara yang paling umum digunakan untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Volume dan Power.

Berikut cara screenshot Oppo A53 dengan kombinasi tombol.

  1. Buka area ponsel yang ingin Anda screenshot.
  2. Tekan tombol Power dan tombol Volume Bawah bersamaan.
  3. Akan terdengar bunyi jepretan dan layar berkedip putih.
  4. Gambar hasil screenshot tersebut akan langsung tersimpan di Galeri Oppo.

Bagi sebagian pengguna metode mengambil gambar layar dengan tombol merupakan hal yang biasa. Jika ingin cara screenshot Oppo A53 tanpa tombol bisa mengikuti panduan selanjutnya.

Screenshot Menggunakan Tiga Jari

Cara Screenshot Oppo 3 Jari
Jika tombol power atau volume Hp Anda rusak, Anda bisa menggunakan cara screenshot Oppo A53 dengan tiga jari ini. Cara seperti ini tentunya berguna agar tombol tetap awet.

  1. Pertama masuk ke menu “Setting” Oppo.
  2. Setelah itu pilih “Convenience Tools“.
  3. Berikutnya pilih “Gesture & Motion“.
  4. Lalu aktifkan “3 Finger Screenshot“.
  5. Siapkan halaman atau area yang akan di screenshot.
  6. Letakkan 3 jari Anda di atas layar.
  7. Kemudian tarik 3 jari Anda ke bawah.
  8. Nanti akan terlihat thumbnail tangkapan layar tersebut.
  9. Anda bisa menyimpannya ke galeri atau mengeditnya terlebih dahulu.

Sudah banyak pabrikan smartphone menyematkan fitur ini karena dengan mengambil screenshot menggunakan 3 jari selain praktis dapat mencegah kerusakan pada tombol.

Cara Screenshot Panjang Oppo A53

Cara Screenshot Panjang Hp Oppo
Jika Anda ingin mengambil tangkapan seluruh layar, gunakan metode long screenshot atau screenshot panjang. Untuk yang belum tahu caranya, lihat panduannya di bawah ini.

  1. Lakukan screenshot seperti cara di atas.
  2. Kemudian pilih “Long Screenshot“.
  3. Kemudian scroll halaman sampai ke paling bawah.
  4. Kalau sudah “Done” menyimpan screenshot panjang.
  5. Anda juga dapat edit hasil screenshot tersebut.

Dengan mengikuti cara screenshot panjang Oppo A53 memungkinkan Anda mengambil gambar layar satu halaman penuh dari atas sampai bawah.

Penutup

Melalui tutorial ini terlihat bahwa mengambil screenshot di HP Oppo A53 ada banyak cara dan juga sangat mudah. Anda dapat memilih metode yang menurut Anda tercepat dan paling efisien.

Anda bisa membuat screen capture tanpa menggunakan aplikasi tambahan dan juga tanpa root. Cara screenshot diatas bisa diaplikasikan ke Oppo A5s, A5, A53 dan A52 serta semua HP Oppo berbasis Android. Untuk mengetahui tips lainnya seputar cara merekam layar Oppo bisa akses di Sukakepo.com.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *