Umumnya pengguna hanya tahu menggunakan tombol untuk mengambil gambar layar, padahal banyak cara lain yang lebih praktis untuk screenshot Hp Samsung A03s. Untuk mengetahuinya silahkan simak caranya di bawah ini.

Ponsel yang baru dirilis Agustus 2021, Galaxy A03s ini dibekali layar HD Plus berukuran 6,5 inci dengan desain Infinity-V. Ponsel ini sangat mendukung tren live streaming baik untuk penonton maupun untuk para live streamer. Ditambah dengan kamera utama 13MP, dan kamera depan 5MP.

Samsung Galaxy A03s juga dibekali dengan 4 fitur screenshot yang dapat Anda gunakan mengambil screenshot untuk menyimpan segala sesuatu yang terlihat di ponsel sebagai gambar yang nantinya dapat Anda bagikan ke sosial media.

Di era digital, screenshot sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu sangat perlu untuk mengetahui cara mengambil screenshot yang benar agar hasilnya tidak buram.

Panduan Screenshot Hp Samsung A03s

Samsung A03s selain dibekali spesifikasi menarik, ponsel ini juga telah menggunakan OS One UI Core 3.1. Banyak fitur yang ditawarkan seperti screenshot yang dapat pengguna gunakan untuk mengambil gambar layar dari game, aplikasi, dokumen maupun percakapan.

Dukungan screen capture pada Galaxy A03s bahkan menariknya dapat digunakan dengan menggunakan berbagai metode yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, Anda dapat menangkap melalui Menu Asisten, tombol, Edge Panel dan screensot panjang.

Untuk pengguna yang ingin mencoba keempat cara screenshot di Samsung A03s maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Dengan Tombol

Di semua HP Samsung yang Anda gunakan, memiliki fitur screenshot menggunakan tombol perangkat keras. Walaupun tidak segampang gesture screenshot, cara ini mampu melaksanakan tugasnya dengan sempurna jika menekan tombol secara tepat.

  1. Tentukan area atau halaman yang ingin Anda screenshot.
  2. Lalu tekan tombol Volume Down dan Power bersamaan.
  3. Layar Samsung A03s Anda akan berkedip dan mengeluarkan suara kamera.
  4. Berikutnya akan terlihat gambar hasil screenshot.
  5. Terakhir, simpan hasil screenshot atau edit gambar tersebut.

Screenshot dengan menggunakan kombiansi tombol fisik meruapkan cara paling praktis dan bisa dilakukan di semua smartphone Android. Dibandingkan dengan menu asisten maupun edge panel, fitur yang satu ini bisa dilakukan tanpa perlu repot melakukan pengaturan.

Menu Asisten

SS Samsung A03s Menu Asisten
Dengan menggunakan fitur Menu Asisten ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah. Namun untuk dapat memanfaatkan fitur ini, kita harus melakukan pengaturan sebelum dapat digunakan.

  1. Buka Pengaturan Samsung.
  2. Temukan menu Aksesibilitas kemudian pilih Interaksi dan Kecekatan.
  3. Selanjutnya pilih toggle Menu asisten agar aktif.
  4. Nanti pada layar akan muncul sebuah menu transparan yang berbentuk bola. Anda dapat memindahkan, mengubah transparansi, dan menambahkan pintasan lain.
  5. Setelah itu, buka Assistant Menu dan pilih ikon Gambar Layar untuk mengambil screenshot.

Pada panel menu asisten, Anda dapat mengakses menu yang mencakup mengunci layar, perekam layar, gambar layar dan fitur lainnya.

Edge Panel

Screenshot Samsung Edge Panel
Edge Panel bisa dibilang merupakan pengembangan dari menu asisten yang mana terdapat juga beberapa shortcut seperti screenshot. Jika ingin mengambil screenshot menggunakan fitur ini, Anda mengaktifkan fitur Edge Panel ini di menu pengaturan.

  1. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Display.
  2. Scroll ke bawah lalu tap Edge Panel dan geser toogle untuk mengaktifkannya.
  3. Lalu ketuk Panels kemudian pilih Smart Select.
  4. Buka area layar yang akan di capture.
  5. Selanjutnya untuk mengambil screenshot, geser sisi kanan layar ke arah tengah.
  6. Nanti akan muncul Edge panel, ketuk ikon Screenshot atau Ambil Gambar Layar.
  7. Sesaat kemudian Anda akan melihat layar Samsung A03s berkedip.
  8. Setelah itu, otomatis gambar akan langsung tersimpan di galeri atau tap Share jika ingin membagikan gambar tersebut ke teman

Cara Screenshot Panjang Samsung A03s

Jika Anda pengguna hp Samsung A03s yang ingin mengambil screenshot panjang, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Play Store lalu install aplikasi yang bernama LongShot.
  2. Buka aplikasi LongShot lalu beri izin untuk mengakses media, foto dan file di perangkat.
  3. Berikutnya centang Auto Scroll kemudian klik OKE lalu pada Aksesibilitas ketuk LongShot dan aktifkan.
  4. Jika sudah, Ketuk ikon kamera biru besar.
  5. Ketika diminta untuk mengizinkan perekaman, pilih Mulai Sekarang.
  6. Setelah itu akan muncul tombol melayang Mulai. Silahkan ketuk untuk memulai pengambilan screenshot.
  7. Buka halaman bergullir, lalu tap tombol Mulai.
  8. Kalau proses telah selesai, ketuk Simpan.

Dengan screenshot panjang, pengguna dapat menangkap seluruh layar web di ponsel tanpa memotongnya, sehingga dapat menyimpan semua informasi dalam satu gambar. Cara ini juga sering digunakan untuk screenshot percakapan di aplikasi pesan instan.

Sekian dulu cara agar screenshot HP Samsung Galaxy A03s lebih cepat dan mudah. Semoga metode tersebut berhasil Anda terapkan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *