Bagi Anda yang sudah sering menggunakan smartphone, kegiatan screenshot layar mungkin bukan lagi hal baru. Untuk pengguna Samsung A51 ada beberapa cara screenshot yang bisa digunakan.

Galaxy A51 adalah salah satu ponsel buatan Samsung yang telah menggunakan teknologi layar Super Amoled memiliki refresh rate dengan kecerahan yang cukup bagus. Ukuran panel layar seluas 6.5 inci dengan resolusi FHD+ 1080 x 2400 pixels.

Dengan kehebatan layarnya ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih. Jika kita mengambil screenshot, gambar layar yang di tampilkan akan jelas dan tidak blur.

Samsung juga telah membekalinya dengan fitur screenshot bawaan, sehingga pengguna tidak perlu repot lagi menginstall aplikasi tambahan. Walau sangat mudah dilakukan, nyatanya masih ada sebagian dari pengguna yang masih belum tahu cara screenshot Samsung A51.

Langkah-langkah Screenshot Hp Samsung Galaxy A51

Cara Screenshot Samsung A51
Screenshot adalah gambar dari hasil tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan presentasi, bukti transfer, dan membagikannya ke orang lain melalui media sosial atau aplikasi chat.

Ada beberapa cara screenshot Samsung Galaxy A51 dari mulai menggunakan tombol, gesture, edge panel, menu asisten bahkan screenshot panjang bisa kita lakukan.

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara sceenshot yang pertama ini sudah dilakukan mulai dari Android Kitkat eksis. Simak langkah-langkah detail cara screenshot lewat kombinasi tombol disini.

  1. Buka area layar ponsel yang akan di screenshot.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Volume Bawah dan Daya bersama-sama.
  3. Jika berhasil, layar Samsung Anda akan berkedip.
  4. Silahkan buka aplikasi Gallery untuk mengedit atau sekedar melihat.

Yang harus diperhatikan dari cara screenshot menggunakan tombol ini, jangan di tahan tapi setelah menekan langsung lepaskan. Semoga paham, kenapa banyak yang tidak berhasil melakukannya, karena caranya salah.

Pintasan Screenshot Pada Menu Asisten

Fitur-fitur menarik dari Assistant Menu memungkinkan pengguna Samsung A51 untuk mengambil screenshot dan screen recording. Namun Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

  1. Nyalakan smartphone Samsung Anda lalu ketuk menu Settings.
  2. Berikutnya, tap menu Accessibility.
  3. Di halaman accessibility, Anda pilih Interaction and dexterity atau Interaksi dan Kecekatan.
  4. Aktifkan Assistant Menu dengan mengetuk toggle on/off.
  5. Jika fitur ini aktif, maka akan ada menu asisten yang mengambang di layar.
  6. Ketuk tombol Assistant Menu.
  7. Tap ikon Gambar Layar atau Screenshot.

Selanjutnya, Anda bisa pilih untuk melihat tangkapan layar di bilah alat, dan edit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon disket untuk menyimpan tangkapan layar.

Screenshot Panjang Samsung A51

Cara screenshot panjang di Samsung A51 bisa dilakukan melalui toolbar, dengan cara menekan ikon tanda panah ke bawah. Untuk selengkapnya bagaimana cara mengambil screenshot pada halaman yang panjang, silahkan ikuti panduan berikut.

  1. Pertama-tama buka layar kemudian tap menu Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Fitur Lanjutan.
  3. Berikutnya pilih Gambar Layar dan Perekam Layar.
  4. Lalu aktifkan Bilah alat gambar layar.
  5. Ambil ss dengan mengusap layar.
  6. Langkah berikutnya ketuk pada Scroll Capture tanda dua panah .
  7. Secara otomatis layar akan bergulir ke bawah.
  8. Setelah itu, Anda bisa langsung membagikan atau mengedit hasil screenshot panjang tersebut.

Dengan scroll capture ini, memungkinkan untuk mengambil gambar layar secara full satu halaman dari bagian atas sampai ke paling bawah. Ini berguna untuk screenshot percakapan yang panjang ataupu halaman website.

Swipe Layar Dengan Telapak Tangan

Supaya bisa membuat screenshot di Samsung A51 dengan sapuan telapak tangan di layar, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah fitur ini sudah aktif atau belum.

  1. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Advanced Features.
  2. Cari lalu tap Motion And Gesture kemudian tap tombol guna mengaktifkan Palm Swipe To Capture.
  3. Tentukan halaman pada layar yang Anda ingin screenshot.
  4. Setelah fitur ini di nyalakan, Anda bisa mengambil screenshot dengan menyapu layar dari bagian kanan ke kiri atau sebaliknya memakai telapak tangan.
  5. Beberapa detik kemudian Anda akan melihat layar Samsung A51 berkedip.
  6. Setelah itu, Anda bisa pilih Share untuk membagikan gambar tersebut ke teman

Bagi yang belum terbiasa mungkin Anda tidak akan berhasil tapi lama kelamaan akan terbiasa melakukannya. Memang butuh cara yang benar untuk mengambil screenshot menggunakan telapak tangan.

Kesimpulan

Screenshot bermanfaat untuk menyimpan tangkapan layar sebagai bukti otentik sebuah informasi dan membagikannya ke orang lain melalui media sosial atau aplikasi chat.

Sebagian besar ponsel Samsung keluaran terbaru salah satunya Galaxy A51 telah dibekali fitur pembuatan screenshot. Jadi jika ingin mengabadikan tampilan layar, tidak perlu install aplikasi tambahan.

Demikian ulasan di atas serta sejumlah cara screenshot yang bisa Anda terapkan pada Samsung Galaxy A51 dengan mudah.