Salah satu fitur yang akan Anda temukan di Hp Xiaomi adalah screenshot yang akan memungkinkan untuk memotret sesuatu yang muncul di layar ponsel tanpa menggunakan kamera.

Screenshot Xiaomi sangat membantu dalam kegiatan kita sehari-hari, Anda dapat menunjukkan kepada teman-teman aktivitas yang telah dilakukan melalui ponsel Xiaomi.

Selain itu, banyak juga pengguna yang memanfaatkan fitur screenshot pada ponsel Xiaomi untuk menyimpan informasi yang muncul di layar sebagai referensi atau dokumen.

Bagi pengguna yang penasaran bagaimana cara screenshot Xiaomi. Nah, pada artikel ini Sukakepo akan membahas keempat fitur tangkapan layar dari berbagai versi MIUI seperti MIUI 9, 10, 11 dan 12.

Cara Mengambil Screenshot Layar Hp Xiaomi

Smartphone Xiaomi mempunyai beragam fitur yang dapat membantu pekerjaan atau aktivitas harian dari penggunanya. Salah satu fitur menarik yang hadir di setiap ponsel Xiaomi adalah screenshot.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengambil tangkapan layar, Xiaomi menyediakan 5 fitur screenshot yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan menurut Anda yang paling mudah.

Nah, untuk yang belum tahu kelima cara screenshot Hp Xiaomi, dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Kombinasi Tombol Fisik

Cara Screenshot Xiaomi Dengan Tombol
Semua ponsel Android dapat mengambil tangkapan layar menggunakan tombol fisik. Cara ini praktis dan cepat, namun jika Anda sering mengambil screenshot dengan tombol, bisa jadi tombol power atau volume menjadi tidak responsif lagi.

Berikut ini cara mengambil screenshot Xiaomi dengan menggunakan tombol fisik.

  1. Pilih bagian halaman yang ingin Anda Screenshot
  2. Kemudian tekan tombol Power dan tombol Volume Bawah bersamaan.
  3. Layar Hp Xiaomi akan berkedip dan Anda akan mendengar suara kamera.
  4. Setelah itu, gambar hasil screenshot akan muncul di pojok kanan atas layar.
  5. Anda bisa langsung tap tombol Share atau menyimpan di aplikasi Galeri Xiaomi.

Itulah tutorial cara screenshot menggunakan tombol fisik Hp Xiaomi untuk semua versi MIUI. Apabila Anda mengalami kendala karena salah satu tombolnya rusak, sebagai alternatif dapat mencoba cara screenshot tanpa tombol seperti di bawah ini.

Gestur 3 Jari

Cara Screenshot Xiaomi 3 Jari
Fitur screenshot 3 jari dapat juga Anda temukan di semua ponsel Xiaomi berbasis MIUI 9, MIUI 10, MIUI 11 maupun MIUI 12. Asalkan fitur tersebut telah di aktifkan, Anda dapat membuat tangkapan layar dengan mengeser 3 jari dari atas ke bawah layar.

Untuk yang belum tahu cara membuat screenshot menggunakan gestur tiga jari di Hp Xiaomi, simak panduan ini.

  1. Pertama, buka menu Setelan Hp Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan Tambahan lalu tap Pintasan Tombol dan Gerakan.
  3. Berikutnya pilih opsi Ambil Screenshot kemudian tap Geser ke bawah dengan 3 jari.
  4. Sekarang tentukan area yang ingin di screenshot.
  5. Setelah itu, letakkan 3 jari di layar lalu geser ke bawah.
  6. Gambar hasil tangkapan layar otomatis akan langsung tersimpan.

Jika fitur screenshot tiga jari di HP Xiaomi tidak muncul. Pertama pastikan HP Xiaomi yang Anda gunakan masih menggunakan MIUI 8 keatas dan juga tidak sedang menggunakan custom ROM.

Quick Settings (Control Center)

Cara Screenshot Xiaomi Lewat Quick Settings
Pada panel Quick Settings terdapat beberapa pintasan yang memberi Anda akses cepat ke salah satu fitur di Hp Xiaomi. Anda dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar hanya dengan mengetuk ikon screenshot yang ada di panel tersebut.

Silahkan simak cara screenshot Hp Xiaomi lewat Quick Settings.

  1. Buka area atau bagian yang ingin di screenshot.
  2. Kemudian, tarik ke bawah notifikasi bar.
  3. Ketuk ikon screenshot.
  4. Setelah itu, area tersebut berhasil di capture.

Jika shortcut screenshot tidak Anda temukan di Quick Settings, silahkan coba tambahkan secara manual dengan tap opsi pengaturan yang terdapat di panel Control Center, lalu drag ikon shortcut ke panel yang atas.

Quick Ball (Bola Pintas)

Cara Screenshot Xiaomi Lewat Quick Ball
Quick Ball adalah salah satu fitur di MIUI yang akan memudahkan untuk akses navigasi dan screenshot dengan cepat. Anda perlu terlebih dahulu mengaktifkan fitur ini jika ingin mengambil tangkapan layar Hp Xiaomi.

  1. Buka menu Setelan lalu pilih Setelah Tambahan.
  2. Pilih Bola Pintas (Quick Ball) lalu aktifkan fitur tersebut.
  3. Sekarang temukan area yang mau di capture.
  4. Akses Quick Ball yang ada di samping layar, kemudian ketuk ikon screenshot.

Anda juga bisa mengedit hasil screenshot dengan menambahkan teks, memotong, atau memberi efek mozaik. Selain itu juga, gunakan tombol Kirim bila Anda ingin membagikan gambar tangkapan layar ke teman.

Screenshot Panjang Xiaomi

Cara Screenshot Panjang Xiaomi
Di MIUI terdapat fitur screenshot panjang yang berguna untuk menangkap gambar halaman Web, bagian Pengaturan atau bahkan aplikasi lain yang terinstal di ponsel Xiaomi.

Untuk penjelasan lengkap cara mengambil screenshot panjang di HP Xiaomi, simak panduan ini.

  1. Buat screenshot biasa melalui 3 jari atau Quick Ball.
  2. Setelah muncul hasil tangkapan layar, tap tombol Gulir.
  3. Otomatis akan bergulir sampai ke halaman paling bawah.
  4. Silahkan tap Simpan agar screenshot panjang tersimpan di galeri.

Perlu kalian ketahui, fitur screenshot panjang Xiaomi hanya dapat digunakan pada tampilan halaman atau aplikasi yang dapat digulir seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, Browser, Instagram, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Meski OS MIUI bebasis Android tapi dalam hal fitur dan kustomisasi sangatlah berbeda. Xiaomi banyak menyematkan fitur canggih yang tidak akan ditemukan di perangkat dari brand lain.

Untuk lebih menambah pengalaman yang lebih menyenangkan, beberapa fitur screenshot yang terdapat di ponsel Xiaomi akan memanjakan para penggunanya.

Demikianlah Keempat cara mengambil screenshot Hp Xiaomi yang berbasis MIUI 8, 9, 10, 11 dan 12 tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Semoga dengan adanya panduan ini bermanfaat bagi para MiFans.