Screenshot bisa kita gunakan sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah informasi yang otentik. Kalau Anda pengguna Hp Samsung Galaxy A50, punya empat metode yang gampang untuk melakukannya.

Samsung Galaxy A50 hadir dengan baterai jumbo 4000 mAh yang mampu digunakan untuk menikmati tayangan video selama berjam-jam atau mendengarkan musik tanpa henti. Hebatnya lagi, Samsung turut membekali kemampuan fast charging dengan teknologi terbaru.

Beralih ke performa, ponsel ini mengandalkan chipset dari Samsung yakni Exynos 9610 dipadukan RAM 4GB/6GB. Bahkan, meskipun memori internalnya 64GB, Samsung masih mengizinkan pengguna untuk memakai microSD. Sedangkan untuk fotografi, ponsel memakai modul triple kamera yang mampu menghasilkan kualitas gambar memuaskan.

Dewasa ini, untuk mengambil screen capture bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan cara screenshot bawaan dari Samsung A50 maupun menginstall aplikasi khusus untuk screenshot.

Cara Mengambil Screenshot Hp Samsung Galaxy A50 / A50s

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan media sosial, screenshot mungkin bukan hal baru lagi. Screenshot atau SS, dilakukan untuk berbagai keperluan. Umumnya materi tugas, atau sekedar menyalin, dan membagikannya kepada orang lain melalui media sosial atau aplikasi chatting.

Masalahnya, tidak semua pengguna tahu cara ss di Samsung A50, karena tidak semudah melakukannya di layar ponsel merek lain. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu mengikuti salah satu tutorial yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Screenshot Menekan Tombol

Screenshot Samsung A50 Tombol
Mungkin sudah banyak yang tahu cara screenshot Samsung dengan cara seperti ini, yaitu dengan kombinasi tombol Volume dan Power.

  1. Pergi ke halaman atau area yang akan Anda screenshot.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down bersama-sama.
  3. Tahan beberapa detik sampai terdengar bunyi jepretan.
  4. Buka aplikasi Gallery lalu lihat hasil screenshot.

Selain menggunakan tombol, Anda juga bisa menggunakan cara yang lain seperti gesture screenshot di bawah ini.

Screenshot Dengan Gesture

Gesture Screenshot Samsung A50
Saya yakin Anda pasti setuju bahwa membuat tangkapan layar Hp memang akan terasa praktis dengan hanya menggunakan telapak tangan karena lebih cepat dan gak ribet. Anda hanya perlu mengusapkan ketelapak tanganmu di layar Samsung A50.

  1. Masuk ke menu Settings Samsung A50 milikmu.
  2. Ketuk opsi Advanced Features.
  3. Pilih opsi Motion And Gesture.
  4. Aktifkan tombol Palm Swipe To Capture.
  5. Lalu sapu layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan posisi telapak tangan tegak dan menghadap ke arah samping.
  6. Lalu terdengar bunyi shutter dan layar berkedip sebagai pertanda kalau screenshot berhasil dibuat.
  7. Anda dapat menemukan gambar tersebut di aplikasi Gallery.

Fitur Palm Swipe ini pertama kali diperkenalkan di antarmuka Samsung Experience UI dan merupakan cara termudah untuk melakukan ss di ponsel Samsung.

Fitur Menu Asisten

Salah satu cara screenshot tanpa tombol yang paling mudah yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot melalui menu asisten.

  1. Buka handphone Samsung Anda lalu ketuk menu Settings.
  2. Berikutnya, ketuk menu Accessibility.
  3. Di halaman accessibility, Anda tap Interaction and dexterity atau Interaksi dan Kecekatan.
  4. Aktifkan Assistant Menu dengan mengetuk tombol on/off.
  5. Setelah diaktifkan, tombol Menu Asisten akan muncul di layar dan bisa Anda pindahkan.
  6. Sekarang pergi ke halaman yang akan Anda capture.
  7. Buka Assistant Menu dan tekan Screenshot atau Gambar Layar.

Menu Asisten adalah fitur canggih yang hanya ditemukan pada ponsel Samsung. Fitur ini menyediakan pintasan seperti screenshot, screen recording, split screen.

Screenshot Panjang

Samsung A50 juga telah dilengkapi dengan fitur long screenshot yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot yang panjang. Bagaimana cara membuat screenshot panjang di Samsung A50? Seperti ini cara mudahnya.

  1. Buka dulu Pengaturan Samsung A50.
  2. Lalu pilih Fitur Lanjutan.
  3. Berikutnya pilih Gambar layar.
  4. Tap tombol ON pada fitur Bilah alat gambar layar.
  5. Lanjut dengan pergi ke area panjang yang ingin Anda screenshot.
  6. Buat tangkapan layar menggunakan menu asisten, dua tombol atau Palm Swipe to capture.
  7. Setelah itu akan nampak bilah alat yang terdapat opsi Edit, Share dan Long screenshot.
  8. Klik ikon panah ke bawah untuk membuat screenshot panjang.
  9. Nantinya cuplikan layar langsung tersimpan di aplikasi Galeri.

Disini sangat jelas perbedaan screenshot biasa dan screenshot panjang, kalau yang biasa hanya jendela aktif saja yang akan di capture. Sementara bagian bawah layar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

Kesimpulan

Sebenarnya semua cara screenshot di Samsung A50 dan A50s yang SukaKepo sebutkan di atas sudah sangat lumrah dilakukan, tinggal Anda mau memilih melakukan cara yang mana. Setiap ponsel Samsung dengan sistem operasi One UI, memiliki cara dasar yang sama dalam melakukan screenshot.

Sekarang Anda bisa membagikan screenshot HP Samsung Galaxy A50 ke teman-teman. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk semua pengguna Samsung.